Sanjaya, Komang Angga Surya (2023) The Identification of Values of Character Education in Miguel’s Characters in Disney's Coco using Peirce’s Semiotics. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (1512021146-COVER)
1512021146-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (1512021146-ABSTRAK)
1512021146-ABSTRAK.pdf Download (392kB) |
|
Text (1512021146-BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021146-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (1512021146-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (1512021146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (1512021146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
|
Text (1512021146-BAB 5 PENUTUP)
1512021146-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
|
Text (1512021146-DAFTAR PUSTAKA)
1512021146-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (715kB) |
|
Text (1512021146-LAMPIRAN)
1512021146-LAMPIRAN.pdf Download (33MB) |
Abstract
Perkembangan karakter anak tidak terlepas dari pengaruh lingkungan. Salah satu bagian dari keseharian anak dewasa ini adalah film-film animasi milik Disney. Banyak peneliti menemukan bahwa film-film animasi Disney memiliki banyak nilai pengetahuan dan nilai-nilai pendidkan karakter. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi representasi nilai-nilai Pendidikan karakter yang diusulkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (2010) dalam karakterisasi Miguel dalam film Coco (2017) milik Disney dengan menggunakan analisis tekstual dan semiotika Peirce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Miguel memiliki 18 nilai Pendidikan karakter. Terdapat 8 nilai yang kembangkan dengan baik sejak awal hingga akhir film. Nilai-nilai itu adalah disiplin, pekerja keras, otonom, nasionalisme, apresiatif, ramah, suka cita dan mencintai alam. Enam nilai lain dikembangkan dari awal hingga pertengahan film seperti religius, jujur, ingin tahu, cinta damai, kepedulian sosial, dan bertanggung jawab. Ada juga 3 nilai yang dikembangkan di pertengahan hingga akhir film yaitu toleran, demokratis, dan patriotisme. Ada nilai yang dikembangkan Miguel di akhir film yaitu kreatif. Dengan demikian, Coco (2017) yang mengandung nilai-nilai Pendidikan karakter dapat diadaptasis ebagai media untuk memperkenalkan dan mengembangkan karakter anak-anak. Kata kunci: Pendidikankarakter, Disney, animasi, fitur, film
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikankarakter, Disney, animasi, fitur, film |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | KOMANG ANGGA SURYA SANJAYA |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:53 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17195 |
Available Versions of this Item
- The Identification of Values of Character Education in Miguel’s Characters in Disney's Coco using Peirce’s Semiotics. (deposited 26 Jul 2023 07:53) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |