Mahadewi, Ni Kadek Natia (2020) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011066-COVER.pdf Download (951kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011066-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011066-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah menguji pengaruh dari model Reciprocal Teaching yang berbantuan media interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kediri. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang menggunakan post test only control group design sebagai rancangan penelitiannya. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 197 orang. Banyaknya sampel minimal yang digunakan penelitian ini 132 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin, sehingga digunakan empat kelas sebagai sampel. Kemudian sampel tersebut terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data kemampuan komunikasi matematis diukur menggunakan tes dalam bentuk uraian. Berdasarkan kajian pada penelitian ini diperoleh rata-rata dari kelompok eksperimen 60,09375 dan rata-rata dari kelompok kontrol 32,75362. Jika dibandingkan maka rata-rata yang dimiliki oleh kelompok eksperimen lebih besar daripada rata-rata yang dimiliki oleh kelompok kontrol. Selain membandingkan rata-rata dari kedua kelompok, juga dilakukan uji hipotesis dengan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil dari perhitungan diperoleh sebesar 4,564697 dan sebesar 1,978239. Jika dibandingkan maka sehingga tolak . Artinya, pada aspek komunikasi matematis kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan model Reciprocal Teaching berbantuan media interaktif lebih baik daripada kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan digunakannya model Reciprocal Teaching berbantuan media interaktif dalam pembelajaran mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kediri. Kata kunci: model Reciprocal Teaching, media interaktif, kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: model Reciprocal Teaching, media interaktif, kemampuan komunikasi matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Natia Mahadewi |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 01:10 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 01:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1722 |
Actions (login required)
View Item |