Pembelajaran Kimia Jarak Jauh (Daring) Di SMAS Laboratorium Undiksha Pada Masa Pandemi Covid-19

Mustikawati, Ni Nyoman Nalaratih (2023) Pembelajaran Kimia Jarak Jauh (Daring) Di SMAS Laboratorium Undiksha Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613031046_COVER.pdf

Download (679kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613031046_ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031046_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031046_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031046_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031046_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031046_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613031046-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain untuk menderskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran kimia, pelaksanaan pembelajaran kimia serta faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan pembelajaran kimia jarak jauh (daring) di SMAS Laboratorium Undiksha pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, jadwal pembelajaran kimia, guru kimia, siswa kelas XI, dan wakasek bidang kurikulum. Objek dalam penelitian ini yaitu perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kimia jarak jauh (daring) di SMAS Laboratorium Undiksha pada masa pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui studi dokumen, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data sebelum di lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) RPP yang dibuat oleh guru kimia SMAS Laboratorium Undiksha merupakan penyederhanaan RPP dari kurikulum 2013 sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. 2) Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran kimia jarak jauh (daring) sudah berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa hal yang mungkin dapat dilaksanakan dengan lebih baik. 3) Siswa yang sulit beradaptasi dengan pebelajaran jarak jauh, fasilitas yang dimiliki setiap siswa berbeda dan terbatas serta pengelolaan pembelajaran yang kurang maksimal merupakan beberapa faktor yang memengaruhi pelaksanaan pembelajaran kimia jarak jauh (daring) di SMAS Laboratorium Undiksha pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran kimia, pembelajaran jarak jauh (daring)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: NI NYOMAN NALARATIH MUSTIKAWATI
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:59
Last Modified: 27 Jul 2023 05:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item View Item