PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PADA PEMBELAJARAN KERAJINAN TANGAN DAN SENI RUPA BERORIENTASI DIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA PGSD

Putra, I Wayan Arta Diana (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DIGITAL PADA PEMBELAJARAN KERAJINAN TANGAN DAN SENI RUPA BERORIENTASI DIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA PGSD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031327-COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031327-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031327-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031327-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031327-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031327-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031327-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031327-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031327-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul ajar digital pada pembelajaran kerajinan tangan dan seni rupa berorentasi difensiasi konten untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementtation) dan evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah modul ajar digital pada pembelajaran kerajinan tangan dan seni rupa sedangkan objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kegiatan observasi, pelaksanaan wawancara, dan penyebaran angket. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan dua teknik analisis yakni teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukan model ajar digital pada pembelajaran kerajinan tangan dan seni rupa dinyatakan valid oleh ahli dengan indeks validitas isi modul ajar digital sebesar 0,89 predikat validitas isi sangat tinggi, praktis oleh praktisi dengan tingkat pencapaian respon praktisi untuk modul ajar digital 91,5% predikat sangat baik, dan efektif digunakan oleh mahasiswa PGSD untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD dilihat dari nilai Sig.(2- tailed) sebesar 0,00 nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 atau p<0,05 (taraf signifikasi 5%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul ajar digital, kerajinan tangan dan seni rupa, praktikum kerajinan tangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Arta Diana Putra
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:36
Last Modified: 28 Jul 2023 01:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item