PEMBELAJARAN MELUKIS DENGAN TEKNIK MIXED MEDIA OLEH GURU SENI LUKIS DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Nisa', Bilqis Dini Adzkiya (2023) PEMBELAJARAN MELUKIS DENGAN TEKNIK MIXED MEDIA OLEH GURU SENI LUKIS DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1912031023-COVER)
1912031023-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (1912031023-ABSTRAK)
1912031023-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (1912031023-BAB 1 PENDAHULUAN)
1912031023-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (659kB)
[img] Text (1912031023-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (1912031023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912031023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (1912031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (1912031023-BAB 5 PENUTUP)
1912031023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (1912031023-DAFTAR PUSTAKA)
1912031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB)
[img] Text (1912031023-LAMPIRAN)
1912031023-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar memberi pengetahuan tentang bagaimana cara guru memberikan pembelajaran dan praktek yang sesuai dalam pembelajaran yang membutuhkan keterampilan mengolah bahan campuran, sehingga penulis melakukan penelitian dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang dimulai dari tanggal 6 Februari sampai 29 April 2023 di SMK Negeri 1 Sukasada yang difokuskan pada proses pembelajaran mixed media yang dilakukan oleh guru, dari observasi awal yang dilakukan didapati rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Pendekatan mixed media yang diterapkan oleh guru terhadap kelas fase F seni lukis di SMK Negeri 1 Sukasada, 2) Bagamana Proses atau langkah pengajaran mixed media yang dilakukan oleh guru terhadap kelas fase F seni lukis di SMK Negeri 1 Sukasada, 3) Bagaimana Hasil karya mixed media oleh siswa kelas fase F seni lukis di SMK Negeri 1 Sukasada. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara terhadap guru seni lukis SMK Negeri 1 Sukasada, dan dokumentasi yang kemudian diolah menggunakan model Miles dan Huberman (1984). Hasil penelitian yaitu: 1) Penggunaan pendekatan Inspiratif, 2) Proses pembelajaran menggunakan pengajaran Konstruktivisme, 3) Hasil karya siswa kelas fase F seni lukis mixed media. Kesimpulan penelitian yang dilakukan adalah guru mixed media seni lukis di SMK Negeri 1 Sukasada menerapkan pendekatan inspiratif dengan menunjukan beberapa contoh karya agar imajinasi dan kreativitas mereka terpancing, kemudian pada proses pengajaran yang dilakukan oleh guru mixed media menggunakan pengajaran konstruktivisme, dalam prosesnya siswa belajar cara mengolah bahan campuran serta tekstur bahan, selain itu keaktifan siswa dalam pembelajaran sangat diutamakan karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, pada tahap akhir dimana siswa diharuskan membuat sebuah karya dan mencapai kesimpulan bahwa beberapa siswa kuat dalam teknik mixed media, namun ada pula beberapa yang tidak terlalu kuat dalam teknik mixed media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, seni lukis, mixed media.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Bilqis Dini Adzkiya Nisa'
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:18
Last Modified: 04 Sep 2023 03:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item