Wiana, I Wayan (2023) MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN 3D GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129071002-COVER.pdf Download (427kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129071002-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129071002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran project based blended learning berbatuan 3D geogebra terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik di SMP Negeri 6 Singaraja. Populasi penelitian adalah 10 kelas dengan jumlah 312 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dipilih dengan teknik group random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan lembar penilaian kreativitas produk siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah multivariate analysis of variant (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kreativitas secara bersama sama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model project based blended learning (PjBBL) dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model direct instructions blended learning (DIBL) dengan nilai signifikansi 0,000. (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PjBBL dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DIBL dengan nilai signifikansi 0,004. (3) Terdapat perbedaan kreativitas antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PjBBL dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DIBL dengan nilai signifikansi 0,004. (4) User satisfactions menunjukkan kepuasan peserta didik terhadap perlakuan yang diberikan pada pembelajaran dikelas. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif project based blended learning berbantuan 3D geogebra terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik, dimana pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBBL lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model DIBL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based blended learning, 3D geogebra, pemahaman konsep, kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I Wayan Wiana |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:57 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17421 |
Actions (login required)
View Item |