MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN 3D GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII

Wiana, I Wayan (2023) MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN 3D GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129071002-COVER.pdf

Download (427kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129071002-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129071002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran project based blended learning berbatuan 3D geogebra terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik di SMP Negeri 6 Singaraja. Populasi penelitian adalah 10 kelas dengan jumlah 312 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dipilih dengan teknik group random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan lembar penilaian kreativitas produk siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah multivariate analysis of variant (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kreativitas secara bersama sama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model project based blended learning (PjBBL) dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model direct instructions blended learning (DIBL) dengan nilai signifikansi 0,000. (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PjBBL dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DIBL dengan nilai signifikansi 0,004. (3) Terdapat perbedaan kreativitas antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PjBBL dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DIBL dengan nilai signifikansi 0,004. (4) User satisfactions menunjukkan kepuasan peserta didik terhadap perlakuan yang diberikan pada pembelajaran dikelas. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif project based blended learning berbantuan 3D geogebra terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik, dimana pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBBL lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model DIBL

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: project based blended learning, 3D geogebra, pemahaman konsep, kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Wayan Wiana
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:57
Last Modified: 11 Oct 2023 02:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17421

Actions (login required)

View Item View Item