PENGARUH HYBRID LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Handayani, Ni Putu Yulistia (2023) PENGARUH HYBRID LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129071003-COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129071003-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129071003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Hybrid learning terhadap hasila belajar dan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 6 Singaraja dan SMP Lab Undiksha. Populasi penelitian adalah 10 kelas dengan jumlah 312 siswa dan 2 kelas dengan jumlah 48 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dipilih dengan teknik group random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Uji hipotesis yang digunakan adalah multivariate analysis of covariant (MANCOVA). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar secara bersama sama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Hybrid Learning dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Konvensional dengan nilai signifikansi 0,000. 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Hybrid Learning dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Konvensional dengan nilai signifikansi 0,000. 3) terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Hybrid Learning dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Konvensional dengan nilai signifikansi 0,000. 4) User satisfactions menunjukkan kepuasan peserta didik dilihat dari kuisioner, bahwa perlakukan yang diberikan memberikan kepuasan dalam pembelajaran dikelas. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara model hybrid learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik, dimana hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Hybrid Learning lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Konvensional

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hybrid learning, media pembelajaran interaktif, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Ni Putu Yulistia Handayani
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:49
Last Modified: 11 Oct 2023 02:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17422

Actions (login required)

View Item View Item