Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Megoak-goakan Materi Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V SDN 2 Mendoyo Dangin Tukad Jembrana

Suryanata, Kadek Ode (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Megoak-goakan Materi Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V SDN 2 Mendoyo Dangin Tukad Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031171-COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031171-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031171-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031171-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031171-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031171-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031171-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031171-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031171-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui rancang bangun media video pembelajaran berbasis kearifan lokal megoak-goakan materi kebugaran jasmani siswa kelas V SDN 2 Mendoyo Dangin Tukad Jembrana, (2) Untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran kearifan lokal megoak-goakan materi kebugaran jasmani siswa kelas V SDN 2 Mendoyo Dangin Tukad Jembrana, (3) Untuk mengetahui efektivitas media video pembelajaran berbasis kearifan lokal megoak-goakan siswa kelas V SDN 2 Mendoyo Dangin Tukad Jembrana. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Rancang bangun media video pembelajaran memperoleh skor 88,63% dengan kualifikasi baik; (2) Kelayakan media video pembelajaran menurut ahli dan subjek penelitian diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji desain instruksional memperoleh skor 88,88% dengan kualifikasi baik, (b) hasil uji isi pembelajaran memperoleh skor 96,66% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan memperoleh skor 90,97% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 94,20% dengan kualifikasi sangat baik, sehingga produk yang dikembangkan dapat dinyatakan layak untuk digunakan; (3) Efektivitas media video pembelajaran berdasarkan hasil uji-t memperoleh nilai rata-rata pre-test 55,92 dan rata-rata nilai post-test siswa adalah 85,69. Hasil analisis statistik uji-t diperoleh thitung 14,282, sedangkan t-tabel dengan df (n-1) = 13 pada taraf signifikansi 5% = 1,771. Perbandingan thitung > ttabel, (14,282>1,771), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan skor test sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis kearifan lokal megoak-goakan materi kebugaran jasmani pada siswa kelas V di SDN 2 Mendoyo Dangin Tukad Jembrana. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis kearifan lokal megoak-goakan efektif digunakan pada materi kebugaran jasmani siswa kelas V di SDN 2 Mendoyo Dangin Tukad Jembrana. Kata-kata kunci: Video Pembelajaran, Megoak-goakan, Kebugaran Jasmani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Megoak-goakan, Kebugaran Jasmani
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Ode Suryanata
Date Deposited: 27 Oct 2023 05:05
Last Modified: 27 Oct 2023 05:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17466

Actions (login required)

View Item View Item