PENGARUH REGULASI DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN FLOW AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SMA SE-KECAMATAN KUTA SELATAN

Dewi, Putu Erika Saraswati (2023) PENGARUH REGULASI DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN FLOW AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SMA SE-KECAMATAN KUTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129021010-COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129021010-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021010- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129021010-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dewi, Putu Erika Saraswati. (2023). Pengaruh Regulasi Diri, Motivasi Berprestasi, dan Flow Akademik terhadap Prestasi Belajar Fisika SMA Se-Kecamatan Kuta Selatan. Tesis, Penelitian dan Evalusi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Dr. Ni Made Sri Mertasari, M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. I Gede Ratnanya, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Regulasi Diri, Motivasi Berprestasi, Flow Akademik, Prestasi Belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh regulasi diri, motivasi berprestasi, dan flow akademik terhadap prestasi belajar secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan teknik analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri Se-Kecamatan Kuta Selatan sebanyak 508 peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap 219 sampel yang ditentukan dengan formula Issac dan Michael dan dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan tes untuk memperoleh data prestasi belajar dan non tes untuk memperoleh data regulasi diri, motivasi berprestasi, dan flow akademik. Data dianalisis dengan SPSS dan menghasilkan 8 temuan. 1) Prestasi belajar peserta didik dipengaruhi regulasi diri dengan signifikansi sebesar 0,037 serta nilai t hitung sebesar 1,912. 2) Prestasi belajar peserta didik dipengaruhi motivasi berprestasi dengan signifikansi sebesar 0,044 serta nilai t hitung sebesar 1,833. 3) Prestasi belajar peserta didik dipengaruhi flow akademik dengan signifikansi sebesar 0,032 serta nilai t hitung sebesar 1,909. 4). Flow akademik peserta didik dipengaruhi regulasi diri dengan signifikansi lebih kecil 0,001 serta nilai t hitung sebesar 8,100. 5) Flow akademik peserta didik dipengaruhi motivasi berprestasi dengan signifikansi lebih kecil 0,001 serta nilai t hitung sebesar 4,452. 6) Motivasi berprestasi peserta didik dipengaruhi regulasi diri dengan signifikansi lebih kecil 0,001 serta nilai t hitung sebesar 42,209. 7) Regulasi diri memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar fisika melalui Flow akademik sebesar 19,7%. 8) Motivasi berprestasi memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar fisika peserta didik melalui Flow akademik sebesar 10,8%. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh regulasi diri, motivasi berprestasi, dan flow akademik terhadap prestasi belajar fisika SMA Se-Kecamatan Kuta Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Motivasi Berprestasi, Flow Akademik, Prestasi Belajar Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Putu Erika Saraswati Dewi
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:16
Last Modified: 16 Oct 2023 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17542

Actions (login required)

View Item View Item