PENGGUNAAN KANAL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Yudini, Devi Sandra (2023) PENGGUNAAN KANAL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011008-COVER.pdf

Download (377kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011008-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011008-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian in bertujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan kanal YouTube sebagai media pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja, (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja, dan (3) hasil belajar menulis teks prosedur siswa setelah diterapkannya penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VII, Bapak Komang Mas Yudiarta, S.Pd dan Siswa Kelas VII-I SMP Negeri 3 Singaraja. Objek dalam penelitian adalah langkah-langkah pembelajaran, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, serta hasil belajar menulis teks prosedur siswa setelah diterapkannya penggunaan kanal YouTube Devina Hermawan sebagai media pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut ini. (1) langkah-langkah pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan kanal YouTube Devina Hermawan terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti, dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedur, (2) kendala-kendala yang ditemukan oleh guru dalam penggunaan media kanal YouTube Devina Hermawan dalam pembelajaran menulis teks prosedur dari segi siswa yaitu kemampuan menyimak dan menulis teks prosedur siswa yang berbeda-beda, penggunaan waktu yang masih kurang efektif dan masih banyak siswa yang belum diberikan fasilitas handphone oleh orang tuanya, dan (3) hasil belajar menulis teks prosedur siswa setelah diterapkannya penggunaan kanal YouTube sebagai media pembelajaran yakni dilihat dari rata-rata nilai menulis teks prosedur siswa adalah 84,7 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kanal YouTube Devina Hermawan, media, pembelajaran, teks prosedur.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Devi Sandra Yudini
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:06
Last Modified: 16 Oct 2023 03:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item View Item