Pengaruh Growth Mindset, Efikasi Diri, dan Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Yudha, A. A. Gede Agung Kusuma (2023) Pengaruh Growth Mindset, Efikasi Diri, dan Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129021004-COVER.pdf

Download (281kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129021004-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129021004-LAMPIRAN.pdf

Download (763kB)

Abstract

Keahlian dalam berpikir secara kritis merupakan salah satu kompetensi yang sangat relevan pada era ke-21. Sedangkan ¬growth mindset dan efikasi diri, merupakan kualitas diri yang dapat menentukan kinerja seseorang dalam memecahkan masalah. Penelitan ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh growth mindset dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis’ yang dimediasi oleh self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir analisis jalur yang digunakan untuk menyelidiki pengaruh langsung dari growth mindset dan efikasi diri terhadap self-regulated learning dan kemampuan berpikir kritis, serta menguji pengaruh tidak langsung antara growth mindset dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis. Populasi dari penelitian berjumlah 2430 orang yang berasal dari seluruh siswa kelas X di SMA Negeri se-Kabupaten Gianyar. Adapun sampel penelitian berjumlah 350 orang yang diambil secara acak dari empat SMA Negeri di Kabupaten Gianyar. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen tes dan non-tes berupa kuisioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan keakuratan hasil pengukuran. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik analisis jalur mengungkapkan bahwa growth mindset memberikan pengaruh langsung sebesar 37% terhadap kemampuan berpikir kritis serta pengaruh langsung sebesar 24% terhadap self-regulated learning. Efikasi diri memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-regulated learning. Adapun pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis terhitung sebesar 18% dan terhadap self-regulated learning sebesar 53%. Pengaruh tidak langsung dari growth mindset terhadap kemampuan berpikir kritis yang dimediasi oleh self-regulated learning terhitung sebesar 6%. Sedangkan pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis yang dimediasi oleh self-regulated learning sebesar 13%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, growth mindset, kemampuan berpikir kritis, self-regulated learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: A. A. Gede Agung Kusuma Yudha
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:45
Last Modified: 21 Oct 2023 03:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17654

Actions (login required)

View Item View Item