PENGARUH KECEMASAN, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK DI KABUPATEN BULELENG

Saputra, Komang Agus Adi (2023) PENGARUH KECEMASAN, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK DI KABUPATEN BULELENG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129021014-COVER.pdf

Download (509kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129021014-ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129021014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecemasan, motivasi belajar, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika secara langsung dan tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Di Kabupaten Buleleng sebanyak 1910 peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap 322 peserta didik kelas XI SMK di Kabupaten Buleleng sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik multi stage dan dipilih secara random. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa kuisioner. Beberapa temuan hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kecemasan berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar sebesar -26,9%. (2) Motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar sebesar 24,2%. (3) Disiplin belajar berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar sebesar 51,9%. (4) kecemasan berpengaruh secara langsung terhadap disiplin belajar sebesar -53,3%. (5) Motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap disiplin belajar sebesar 36,5%. (6) Kecemasan berpengaruh secara langsung terhadap motivasi belajar sebesar 91,6%. (7) Kecemasan berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui disiplin belajar sebesar -51,1%. (8) Motivasi Belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui disiplin belajar sebesar 35,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Komang Agus Adi Saputra
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:55
Last Modified: 25 Oct 2023 01:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17666

Actions (login required)

View Item View Item