Dewantari, Ni Putu Putri Puja (2023) Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi E-Modul Interaktif Kontekstual Berpengaruh Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913041007-COVER.pdf Download (453kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913041007-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913041007-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah berorientasi e-modul interaktif kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent randomized pre and post test control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Singaraja yang dipilih secara simple random sampling. Metode dalam penelitian ini, menggunakan metode tes dengan tes objektif sebanyak 30 soal yang berkaitan dengan dimensi berfikir siswa (C1, C2, C3, C4, C5, dan C6). Data dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis masalah berorientasi e-modul interaktif kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh p = 0,0001. Dengan membandingkan nilai p (0,0001) < 0.05. Peningkatan pada kelompok eksperimen sebesar 48,74% lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sebesar 25,84%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berorientasi e-modul interaktif kontekstual berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, E-modul Interaktif Kontekstual, Hasil Belajar Kognitif Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Puja Dewantari |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 06:23 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 06:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17693 |
Actions (login required)
View Item |