Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi E-Modul Interaktif Kontekstual Berpengaruh Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 2 Singaraja

Dewantari, Ni Putu Putri Puja (2023) Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi E-Modul Interaktif Kontekstual Berpengaruh Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913041007-COVER.pdf

Download (453kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913041007-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913041007-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah berorientasi e-modul interaktif kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent randomized pre and post test control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Singaraja yang dipilih secara simple random sampling. Metode dalam penelitian ini, menggunakan metode tes dengan tes objektif sebanyak 30 soal yang berkaitan dengan dimensi berfikir siswa (C1, C2, C3, C4, C5, dan C6). Data dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis masalah berorientasi e-modul interaktif kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh p = 0,0001. Dengan membandingkan nilai p (0,0001) < 0.05. Peningkatan pada kelompok eksperimen sebesar 48,74% lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sebesar 25,84%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berorientasi e-modul interaktif kontekstual berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, E-modul Interaktif Kontekstual, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Putu Putri Puja Dewantari
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:23
Last Modified: 23 Oct 2023 06:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17693

Actions (login required)

View Item View Item