PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG INTERAKTIF BERBASIS HTML PADA MUATAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V

BG, I Wayan Tirta Saskara Putra (2023) PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG INTERAKTIF BERBASIS HTML PADA MUATAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031123-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031123-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031123-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031123-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031123-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031123-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031123-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031123-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031123-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kurang interaktif dan variatifnya media pembelajaran disebabkan karena pemanfaatan teknologi yang kurang maksimal. Tujuan penenlitian adalah mengembangkan media teka-teki silang interaktif berbasis HTML pada muatan IPA tema 6 sub tema 1 di kelas V untuk mengembangkan minat dan semangat belajar siswa. Pengembangan ini menggunakan metode R&D (Reseacrh and Development) dengan model ADDIE dan pelaksanaannya hanya sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian ini mencakup 2 orang ahli mata pelajaran, 6 orang guru, 18 orang siswa, dan 18 kelompok kecil siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data yang diperoleh, yaitu analisis uji validitas ahli mata pelajaran sebesar 95% (sangat baik), analisis uji kepraktisan guru sebesar 85,1% (praktis), analisis uji kepraktisan siswa perorangan sebesar 81,5% (praktis), dan analisis uji kepraktisan siswa kelompok kecil sebesar 82,1% (praktis). Maka dari itu, penggunaan teka-teki silang interaktif sebagai media pembelajaran pada muata IPA tema 6 subtema 1 layak dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, teka-teki silang, interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Tirta Saskara Putra BG
Date Deposited: 21 Oct 2023 01:34
Last Modified: 21 Oct 2023 01:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item