Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Atletik Peserta Didik Kelas XA SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2023/2024

Sumiarta, I Made (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Atletik Peserta Didik Kelas XA SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011029-ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1)
1916011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 2)
1916011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1916011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1916011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1916011029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011029-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK melalui materi atletik lari jarak pendek pada peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Sawan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Sawan. Data hasil belajar diambil dengan format assesmen teknik dasar atletik lari jarak pendek meliputi aspek afektif, kognitif, psikomotor. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi atletik lari jarak pendek pada peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Sawan. Dapat dilihat pada observasi awal persentase ketuntasan hasil belajar pada aspek kognitif yang tuntas yaitu 3 orang (8,82%) dan pada aspek psikomotor yaitu sebanyak 4 orang (11,76%), pada siklus I aspek kognitif yang tuntas menjadi 10 orang (29,4%), pada aspek psikomotor yang tuntas menjadi 12 orang (35,29%) dan pada siklus II aspek kognitif yang tuntas menjadi 30 orang (88,23%) dan aspek psikomotor yang tuntas menjadi 29 orang (85,29%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK. Disarankan bahwa model pembelajaran problem based learning bisa diterapkan di sekolah karena dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi atletik lari jarak pendek bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, PJOK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Made Sumiarta
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:23
Last Modified: 20 Oct 2023 03:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17722

Actions (login required)

View Item View Item