Sumiarta, I Made (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Atletik Peserta Didik Kelas XA SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011029-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1)
1916011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (361kB) |
|
Text (BAB 2)
1916011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1916011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1916011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1916011029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011029-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK melalui materi atletik lari jarak pendek pada peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Sawan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Sawan. Data hasil belajar diambil dengan format assesmen teknik dasar atletik lari jarak pendek meliputi aspek afektif, kognitif, psikomotor. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi atletik lari jarak pendek pada peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Sawan. Dapat dilihat pada observasi awal persentase ketuntasan hasil belajar pada aspek kognitif yang tuntas yaitu 3 orang (8,82%) dan pada aspek psikomotor yaitu sebanyak 4 orang (11,76%), pada siklus I aspek kognitif yang tuntas menjadi 10 orang (29,4%), pada aspek psikomotor yang tuntas menjadi 12 orang (35,29%) dan pada siklus II aspek kognitif yang tuntas menjadi 30 orang (88,23%) dan aspek psikomotor yang tuntas menjadi 29 orang (85,29%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK. Disarankan bahwa model pembelajaran problem based learning bisa diterapkan di sekolah karena dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi atletik lari jarak pendek bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, PJOK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Made Sumiarta |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 03:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 03:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17722 |
Actions (login required)
View Item |