PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN PPT INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023

Pranithi, Ni Nengah Suyani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN PPT INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031042-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031042-ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (387kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031042-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kediri yang sebanyak 205 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 58 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas V SD Negeri 7 Kediri sebagai kelas eksperimen yang sebanyak 30 siswa dan kelas V SD Negeri 6 Kediri yang sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d) dan terdiri dari 30 butir soal yang sudah divalidasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hipotesis dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistic inferensial teknik uji-t (polled varians). Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 8,748 > ttabel = 2,003 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan db = 56, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA anatara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kediri Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Think Pair Share, PPT Interaktif, Kompetensi Pengetahuan, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nengah Suyani Pranithi
Date Deposited: 21 Oct 2023 01:41
Last Modified: 21 Oct 2023 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item