MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA VOLI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ICT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BANJARANGKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Mega Kartika Dewi, Anak Agung (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA VOLI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ICT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BANJARANGKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011003- COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011003-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011003-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar PJOK materi bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Banjarangkan yang berjumlah 35 peserta didik (15 laki-laki serta 20 perempuan). Pengumpulan data dilaksanakan pada 2 (dua) aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Pada analisis hasil belajar pada siklus I aspek pengetahuan sebanyak 62,9% serta aspek keterampilan sebanyak 68,6%. Hasil belajar siklus II pada aspek pengetahuan sejumlah 85,7% dan 94,3% pada aspek keterampilan. Berlandaskan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan ICT. Hal ini diketahui dari persentase peningkatan nilai rata-rata siklus sehingga dinyatakan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PJOK peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Banjarangkan pada materi bola voli meningkat setelah mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT karena telah terbukti meningkat secara signifikan terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: hasil belajar,bola voli, STAD, ICT.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Anak Agung Mega Kartika Dewi
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:10
Last Modified: 21 Oct 2023 03:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17778

Actions (login required)

View Item View Item