LUKISAN KOLASE DARI SAMPAH PLASTIK OLEH MADE AGUS JANARDANA DI DESA BUNGKULAN, KECAMATAN SAWAN, KABUPATEN BULELENG, BALI

Setiawan, Kadek Rizky (2023) LUKISAN KOLASE DARI SAMPAH PLASTIK OLEH MADE AGUS JANARDANA DI DESA BUNGKULAN, KECAMATAN SAWAN, KABUPATEN BULELENG, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912031025-COVER.pdf

Download (307kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912031025-ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1912031025-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1912031025-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1912031025-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912031025-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1912031025-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912031025-LAMPIRAN.pdf

Download (146kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki kreativitas yang tinggi, banyak karya yang tercipta melalui tangan-tangan kreatif. penelitian ini berjudul lukisan kolase dari bahan sampah plastik. Penelitian Lukisan Kolase Dari Sampah Plastik Made Agus Janardana Di Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali ini mengangkat Masalah yaitu alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik, proses pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik, dan mencari nilai estetika dalam lukisan kolase dari bahan sampah plastik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang (1) alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik, (2) proses pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik (3) mencari nilai estetika dalam lukisan kolase dari bahan sampah plastik di desa bungkulan, kecamatan sawan, buleleng, bali. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode, observasi, wawancara, dokumentasi. Penulis menggunakan metode penelitiaan berjenis metode penelitian deskriptif kulitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini antara lain gunting, pisau/cutter, laptop, aplikasi photoshop. Dan bahan yang digunakan damlam pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini adalah sampah plastik, lem fox, kertas, bingkai. Proses pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini adalah diawali dengann desain awal menggunakan aplikasi photoshop di dalam laptop, lalu dilanjutkan dengan mencetak desain dengan dua rangkap cetakan yang dibutuhkan. Setelah itu cetakan yang pertama digunakan sebagai mal dan cetakan yang kedua di jadikan sebagai media. Mal dipotong sesuai warna. Lalu dilanjutjan dengan pemilihan sampah plastik yang cocok dengan mal dan langsung dipotong sesuai mal. Setelah itu sampah yang telah dipotong di tempel dengan cetakan desain yang dijadikan media. Begitu seterusnya sampai seluruh desain tertutupi oleh sampah plastik. Nilai estetika dalam lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini antara lain dari unsur titik, garis, ruang tekstur, warna, dan gelap terang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kolase, Sampah, Plastik
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Kadek Rizky Setiawan
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:18
Last Modified: 23 Oct 2023 09:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17833

Actions (login required)

View Item View Item