PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL BALI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA KELAS II MATA PELAJARAN PPKN DI SD N 4 PENARUKAN

Rismayanti, Kadek Yuni (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL BALI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA KELAS II MATA PELAJARAN PPKN DI SD N 4 PENARUKAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1811031312-COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031312-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031312-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031312-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031312-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031312-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031312-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031312-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031312-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul digital permainan tradisional Bali dan mengetahui tingkat kepraktisan modul digital muatan pelajaran PPKN siswa kelas II sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian yaitu ahli media, ahli materi, guru, dan siswa sedangkan objek pengembangan validitas dan kepraktisan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara untuk observasi penelitian, rating scale serta angket/kesioner untuk uji validitas dan kepraktisan media. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil validitas ahli media 4,6, ahli materi 4,4 dan hasil tingkat kepraktisan (guru dan siswa) yaitu 5,00 sehingga modul digital efektif untu meningkatkan karakter gotong royong siswa kelas II mata pelajaran PPKN. Berdasarkan rata-rata validitas, respon pengguna (guru) dan efektivitas, modul elektronik bergambar sudah layak untuk digunakan. Kata kunci: Modul Digital, Permainan Tradisional Bali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Yuni Rismayanti
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:35
Last Modified: 24 Oct 2023 03:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17835

Actions (login required)

View Item View Item