Rismayanti, Kadek Yuni (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL BALI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA KELAS II MATA PELAJARAN PPKN DI SD N 4 PENARUKAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1811031312-COVER.pdf Download (374kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031312-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031312-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031312-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031312-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031312-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031312-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031312-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031312-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul digital permainan tradisional Bali dan mengetahui tingkat kepraktisan modul digital muatan pelajaran PPKN siswa kelas II sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian yaitu ahli media, ahli materi, guru, dan siswa sedangkan objek pengembangan validitas dan kepraktisan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara untuk observasi penelitian, rating scale serta angket/kesioner untuk uji validitas dan kepraktisan media. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil validitas ahli media 4,6, ahli materi 4,4 dan hasil tingkat kepraktisan (guru dan siswa) yaitu 5,00 sehingga modul digital efektif untu meningkatkan karakter gotong royong siswa kelas II mata pelajaran PPKN. Berdasarkan rata-rata validitas, respon pengguna (guru) dan efektivitas, modul elektronik bergambar sudah layak untuk digunakan. Kata kunci: Modul Digital, Permainan Tradisional Bali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Yuni Rismayanti |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:35 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17835 |
Actions (login required)
View Item |