Tatipikalawan, Adella (2023) MODEL INTERAKSI GURU DAN MURID DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS DI DESA TULUNGREJO DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI MA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914091022-COVER.pdf Download (454kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914091022-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914091022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914091022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914091022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914091022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914091022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914091022- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914091022-LAMPIRAN.pdf Download (563kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui (1)model interaksi guru dan murid dalam belajar Bahasa Inggris di Desa Tulungrejo; (2) faktor pendukung serta penghambat dalam interaksi guru dan murid dalam belajar Bahasa Inggris di Desa Tulungrejo: (3) aspek-aspek sosiologi yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sosiologi pada bab interaksi sosial. Desa Tulungrejo merupakan salah satu desa yang mendapatkan labelling Kampung Inggris, adanya label tersebut tentunya diakibatkan menjamurnya lembaga-lembaga kursus Bahasa di kawasan tersebut. Oleh sebab itu tentunya banyaknya lembaga di desa tersebut tanpa sadar akan terdapat perbedaan dalam hal model interaksi guru dan murid dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data dilakukan lewat observasi secara langsung, wawancara, dan studi dokumen. Dalam konteks teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, adapun data yang digunakan dibagi menjadi dua yakni data primer dan data sekunder. Adapun temuan penelitian: (1) model interaksi multi arah yang dilakukan lembaga kursus periode tahun 1998, model interaksi student center yang diterapkan lembaga kursus periode tahun 2003, model interaksi dua arah yang diterapkan oleh lembaga kursus periode tahun 2018, (2) Terjalin hubungan baik antara guru dan murid, adanya peran guru dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, kemampuan guru dalam memahami karakter siswa, munculnya berbagai kendala pada murid, daya tangkap murid yang berbeda-beda, (3) Aspek-aspek sosiologi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di MA antara lain: aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek afektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Interaksi guru dan murid, Kampung Inggris dan sumber belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Adella Tatipikalawan |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 04:14 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 04:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17838 |
Actions (login required)
View Item |