EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI DIGITAL LEARNING SYSTEM BERBASIS IPAD CLASS PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA HARAPAN MULIA

Agustina, Ira Yunita (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI DIGITAL LEARNING SYSTEM BERBASIS IPAD CLASS PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA HARAPAN MULIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914031012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914031012-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914031012-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi secara tidak langsung telah memengaruhi segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini tentu memungkinkan terciptanya lingkungan belajar global yang berhubungan dengan jaringan yang menempatkan siswa di tengah-tengah proses pembelajaran. SMA Harapan Mulia adalah satu satunya sekolah di Bali yang memiliki program smart classroom dengan sistem pembelajaran digital yakni pembelajaran dengan menggunakan Ipad Class. IPad mengubah cara guru mengajar dan siswa belajar. Peran Ipad Class dalam geografi adalah dapat menyajikan informasi geografis dalam berbagai alat peraga atau media pengajaran seperti gambar, denah, peta, diagram, dan media audio visual. Adanya iPad membuat proses pembejaran geografi jarang mengadakan praktik lapangan. Sedangkan Pembelajaran Geografi kurang efektif jika dilakukan di dalam kelas sehingga membutuhkan strategi pembelajaran yang idealnya menerapkan outdoor study. Berkenaan dengan itu dilakukan penelitian dengan tujuan: (1) Menganalisis proses pembelajaran geografi menggunakan Digital learning system berbasis I-Pad Class di SMA Harapan Mulia. (2) Menganalisis hambatan guru geografi dalam proses pembelajaran menggunakan Digital Learning berbasis I-Pad Class di SMA Harapan Mulia. (3) Menganalisi efektivitas Digital learning system berbasis Ipad Class terhadap proses pembelajaran di SMA Harapan Mulia. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan Subjek penelitian ini adalah yaitu Kepala Sekolah, Guru Geografi, dan peserta didik SMA Harapan Mulia. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Proses pembelajaran terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian, sampai dengan pengawasan atau monitoring menggunakan IPad yang dilengkapi dengan Mobile device management (MDM) yang dapat digunakan untuk memonitor, mengontrol dan melindungi perangkat mobile yang digunakan yakni berupa IPad, (2) Proses pembeajaran digital learning yang dilakukan saat ini berjalan efektif, dan (3) Terdapat hambatan baik secara teknis seperti gangguan jaringan, dan hambatan non teknis berupa kurangnya kompetensi guru dalam penggunaan IPad sehingga masih diperlukannya pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Ipad Class, Geografi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Ira Yunita Agustina
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:54
Last Modified: 24 Oct 2023 03:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17878

Actions (login required)

View Item View Item