Landari, Wu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN KARTU BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI XI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 MAGETAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1912061032- COVER.pdf Download (295kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912061032-ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1912061032- BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1912061032- BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1912061032- BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061032- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
191061032- BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061032- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912061032- LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang (2) mendeksripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan kartu berpasangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, dan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penguasaan siswa terhadap kosakata bahasa Jepang meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan kartu berpasangan. Berdasarkan hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 52,55 dengan persentase ketuntasan 5,55%. Setelah pelaksanaan siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh siswa meningkat menjadi 72,22 dengan persentase ketuntasan 58,33%. Kemudian setelah pelaksanaan siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 80,33 dengan persentase ketuntasan 91,66%. (2) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siklus I tergolong positif dengan rata-rata 29,22. Sedangkan pada siklus II juga tergolong positif dengan skor rata-rata 30,94. Kata Kunci : Kosakata Bahasa Jepang, Make a match, Kartu berpasangan, Pembelajaraan Kooperatif, Metode Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kosakata Bahasa Jepang, Make a match, Kartu berpasangan, Pembelajaraan Kooperatif, Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Wulandari |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 05:40 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 05:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17923 |
Actions (login required)
View Item |