PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN KARTU BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI XI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 MAGETAN

Landari, Wu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN KARTU BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI XI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 MAGETAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1912061032- COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912061032-ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1912061032- BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1912061032- BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1912061032- BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061032- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
191061032- BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061032- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912061032- LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang (2) mendeksripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan kartu berpasangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, dan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penguasaan siswa terhadap kosakata bahasa Jepang meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menggunakan kartu berpasangan. Berdasarkan hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 52,55 dengan persentase ketuntasan 5,55%. Setelah pelaksanaan siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh siswa meningkat menjadi 72,22 dengan persentase ketuntasan 58,33%. Kemudian setelah pelaksanaan siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 80,33 dengan persentase ketuntasan 91,66%. (2) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siklus I tergolong positif dengan rata-rata 29,22. Sedangkan pada siklus II juga tergolong positif dengan skor rata-rata 30,94. Kata Kunci : Kosakata Bahasa Jepang, Make a match, Kartu berpasangan, Pembelajaraan Kooperatif, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Jepang, Make a match, Kartu berpasangan, Pembelajaraan Kooperatif, Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Wulandari
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:40
Last Modified: 25 Oct 2023 05:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item