Adnyana, I Kadek Suastika (2023) NINCAPANG KAWAGEDAN MAPARIBASA BALI ANTUK MODEL PROJEK BASED LEARNING RING SISIA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912051023-COVER.pdf Download (955kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912051023-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912051023-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaplikasian sekaligus manfaat positif dipergunakannya model Project Based Learning pada pembelajaran Peribahasa Bali, bagaimana tahapan atau sintak pembelajaran yang efektif dan efisien sebab pembelajaran dilaksanakan sesuai runtutan, bagaimana memunculkan gairah belajar pada siswa dengan memancing nalar serta pikiran kritis melalui kegiatan proyek dalam kegiatan pembelajaran, serta bagaimana dengan memanfaatkan model pembelajaran terkait dapat membantu meningkatkan kompetensi para siswa terutama di kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 orang siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini tidak lain adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pembelajaran peribahasa Bali yang menggunakan model Project Based Learning. Adapun data yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari kegiatan observasi, tes dan juga kuesioner tersusun. Adapun analisis data yang digunakan ialah teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan rumusan masalah, diperoleh hasil bahwa pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai sintak dan perencanaan pembelajaran, siswa pun memperoleh hasil yang memuaskan, serta memberikan pendapat atau tanggapan positif terhadap jalannya pembelajaran menggunakan model Project Based Learning. Oleh sebab itu, berdasarkan hasil positif yang diperoleh maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pemilihan dan penggunaan model Project Based Learning pada pembelajaran Peribahasa Bali dengan sasaran siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya tepat mengenai inti tujuan pembelajaran tersebut. Kata kunci: Model pembelajaran, Project Based Learning, peribahasa Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Project Based Learning, peribahasa Bali |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | I Kadek Suastika Adnyana |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 00:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17948 |
Actions (login required)
View Item |