PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR TEMA PRAJA MUDA KARANA DI GUGUS VI KECAMATAN SAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Artini, Ni Wayan Yuni (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR TEMA PRAJA MUDA KARANA DI GUGUS VI KECAMATAN SAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031183-COVER.pdf

Download (561kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031183-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031183-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031183-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031183-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031183-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031183-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031183-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031183-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar tema praja muda karana. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimet, dengan rancangan yang digunakan non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di gugus VI kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 6 rombel dari 4 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 177 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random sampling yang di radom adalah kelas sebagai intact group dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Kerobokan yang berjumlah 27 siswa sebagai kelompok exsperimen dan SD Negeri 4 Sangsit yang berjumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar tematik adalah metode tes dengan menggunakan tes esay/uraian yang berjumlah 10 butir soal. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil t hitung sebesar 22,68, sedangkan t tabel sebesar 1,68. Berdasarkan kriteria pengujian, t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Tema Praja Muda Karana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar, Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Yuni Artini
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:30
Last Modified: 26 Oct 2023 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17951

Actions (login required)

View Item View Item