Artini, Ni Wayan Yuni (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR TEMA PRAJA MUDA KARANA DI GUGUS VI KECAMATAN SAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
1911031183-COVER.pdf Download (561kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
1911031183-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031183-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031183-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031183-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031183-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031183-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031183-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
1911031183-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar tema praja muda karana. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimet, dengan rancangan yang digunakan non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di gugus VI kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 6 rombel dari 4 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 177 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random sampling yang di radom adalah kelas sebagai intact group dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Kerobokan yang berjumlah 27 siswa sebagai kelompok exsperimen dan SD Negeri 4 Sangsit yang berjumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar tematik adalah metode tes dengan menggunakan tes esay/uraian yang berjumlah 10 butir soal. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil t hitung sebesar 22,68, sedangkan t tabel sebesar 1,68. Berdasarkan kriteria pengujian, t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Tema Praja Muda Karana.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar, Eksperimen |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | Ni Wayan Yuni Artini |
| Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:30 |
| Last Modified: | 26 Oct 2023 01:30 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
