Pengembangan E-Module Bermuatan Socio Scientific Issues (SSI) Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati

Pujawan, Made Satria Krisnanda (2023) Pengembangan E-Module Bermuatan Socio Scientific Issues (SSI) Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071025-COVER.pdf

Download (759kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071025-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1913071025-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan dan mengevaluasi karakteristik, tingkat validitas, kegunaan, dan keterbacaan E-module IPA bermuatan SSI pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Penelitian semacam ini disebut penelitian pengembangan, dan memang demikian adanya menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pengembangan adalah satu-satunya yang tercakup dalam penelitian ini. Dua ahli yang menguji coba adalah 1 orang dari pendidikan IPA dan 1 orang dari pendidikan Biologi, 10 guru IPA diantaranya 3 guru di SMP Negeri 1 Tejakula, 2 guru di SMP Negeri Satu Atap 1 Sawan, 5 guru di SMP Negeri 3 Singaraja, dan 10 siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Singaraja. Tujuan uji coba adalah evaluasi uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah penyebaran angket. Analisis deskriptif dilakukan terhadap data kualitatif yang dikumpulkan. Fitur e-module yang dikembangkan yaitu (1) menggunakan isu-isu sosial yang ada dalam masyarakat, (2) penyajian dalam bentuk softcopy dengan format file pdf dan flipbook. Tingkat validitas e-module yang dikembangkan tergolong sangat tinggi dengan skor 0,96 untuk validitas isi serta skor 0,95 untuk validitas media dan bahasa. Skor rata-rata sebesar 4,35 menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan masuk dalam kategori sangat praktis. Dengan skor rata-rata sebesar, tingkat membaca masuk dalam kategori sangat mudah dibaca 4,55. Berdasarkan hasil tersebut e-module ini valid, praktis, dan terbaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-module, Socio Scientific Issues, Ekologi dan Keanekaragaman Hayati.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Made Satria Krisnanda Pujawan
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:38
Last Modified: 25 Oct 2023 03:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item