Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Pada Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 1 Banjar Tahun Ajaran 2023/2024

Hidayat, Nur Hidayat (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Pada Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 1 Banjar Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011032-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011032- ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 1)
1916011032-BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
1916011032-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1916011032-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1916011032-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1916011032-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011032-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR TAHUN AJARAN 2023/2024 Oleh Wahyu Nur Hidayat, NIM 1916011032 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ABSTRAK Penelittan ini bertujuan mengetahui pengauh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar senam lantai (guling depan dan guling belakang). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized prelests-postest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar Tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 409 orang yang terdistribusi ke 11 kelas, dengan Sample kelas VIII A7 dan VIIIA11. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objectiv, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 49,36 dengan standar deviasi 18,974. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh positif terhadap hasil belajar senam lantai (guling depan dan guling belakang). Kata Kunci : PBL, hasil belajar, senam lantai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, hasil belajar, senam lantai
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Wahyu Nur Hidayat
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:27
Last Modified: 25 Oct 2023 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item View Item