Yoga Wahyu Pradipta, I Komang (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL TEKNIK SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 SELEMADEG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1716011037- COVER.pdf Download (736kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1716011037-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1716011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1716011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1716011037-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik shooting dalam perminan sepak bola pada peserta didik kelas XI MIPA I SMA Negeri 1 Selemadeg, melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu dengan alur (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian ini terdiri atas pilihan ganda untuk aspek pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil Siklus I 59,7% Siklus II menjadi 90,2% pada aspek pengetahuan, secara klasikal Siklus I 54,2% Siklus II menjadi 84,7% pada aspek keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan harapan dimana telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,2% pada aspek pengetahuan dan 84,7% pada aspek keterampilan oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan yaitu hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA I SMA Negeri 1 Selemadeg pada materi teknik shooting dalam permainan sepak bola meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PBL dalam kategori sangat baik dan hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI MIPA I SMA Negeri 1 Selemadeg.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar PJOK Materi Bola Besar (Sepak Bola) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Komang Yoga Wahyu Pradipta |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:43 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17985 |
Actions (login required)
View Item |