Maulidiya, Riska (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa VIII SMP Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011044-COVER.pdf Download (233kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011044-ABSTRAK.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011044-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Penemuan Terbimbing berbantuan mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A3 dan VIII A4 yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian dan diberikan pada akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 12.230 > ttabel = 1.667 sehingga Ho ditolak. Ini berarti, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Penemuan Terbimbing berbantuan mind mapping lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Penemuan Terbimbing berbantuan mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran penemuan terbimbing, mind mapping, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Riska Maulidiya |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 07:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 07:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17999 |
Actions (login required)
View Item |