PERJALANAN TRADISI BUDAYA TAK BENDA WARISAN DAENG NACHODA DI KELURAHAN LOLOAN TIMUR JEMBRANA BALI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA/MA

Kusuma, Agung Aldhika Bintang (2023) PERJALANAN TRADISI BUDAYA TAK BENDA WARISAN DAENG NACHODA DI KELURAHAN LOLOAN TIMUR JEMBRANA BALI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA/MA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1814021013-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1814021013-ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1814021013-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1814021013-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1814021013-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814021013-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1814021013-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1814021013-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Sejarah Perjalanan Daeng Nachoda ,(2) Tradisi budaya tak benda warisan Daeng Nachoda di Kelurahan Loloan Timur, (3) aspek-aspek sejarah tradisi budaya warisan Daeng Nachoda di Kelurahan Loloan Timur yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah di SMA/MA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Serta dengan menggunakan teknik snow ball dengan langkah-langkah diantaranya : (1) Heuristik (observasi, wawancara, atau dokumentasi dan penentuan informan); (2) kritik sumber; (3) interpretasi; (4) historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kedatangan Daeng Nachoda dikarenakan Daeng Nachoda bersama sisa-sisa armada perang Kesultanan Wajo tidak mau tunduk kepada hasil perjanjian Bungaya. (2)Daeng Nachoda dan pasukannya kemudian menetap di wilayah Kerajaan Jembrana dan memperkenalkan tradisi budaya mereka di tempat baru. (3)Aspek-aspek perjalanan Daeng Nachoda serta warisan tradisi budaya tak benda yang ada di Kelurahan Loloan Timur yang berpotensi sebagai sumber belajar sejarah di SMA/MA diantaranya : (1) aspek historis, (2) aspek tradisi budaya tak benda , serta nilai-nilai pendidikan karakter yang diwariskan dari tradisi budaya warisan Daeng Nachoda diantaranya : (1) religius, (2) toleransi, (3) demokratis, (4) kerja keras, bersahabat/komunikatif yang dijabarkan ke dalam silabus dan RPP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sejarah Perjalan Daeng Nachoda, Tradisi budaya tak benda warisan Daeng Nachoda
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: AGUNG ALDHIKA BINTANG KUSUMA
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:22
Last Modified: 25 Oct 2023 09:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item