PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BESAR (PASSING-CONTROL SEPAKBOLA) DALAM PJOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Wardana, Muhammad Kartiko Kusuma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BESAR (PASSING-CONTROL SEPAKBOLA) DALAM PJOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1616011057-COVER.pdf

Download (462kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1616011057-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1616011057-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar bola besar (passing-control sepakbola) dalam PJOK. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020, keseluruhan kelas berjumlah 8 kelas dengan populasi 301 orang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Perlakuan dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan diluar posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 81.17 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 71.17. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.001 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bola besar (passing-control sepakbola) dalam PJOK di SMA N 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, TGT, hasil belajar, passing control, sepakbola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Muhammad Kartiko Kusuma Wardana
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:45
Last Modified: 16 Jul 2020 04:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item