Dirgantara, I Made (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Permainan Softball Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri Bali Mandara Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129121015-COVER.pdf.pdf Download (674kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129121015-ABSTRAK.pdf.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129121015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129121015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129121015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129121015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129121015-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129121015-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129121015-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model problem based learning dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar teknik dasar permainan softball ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan desain treatment by level 2X2. Populasi adalah kelas XI SMAN Bali Mandara 2022/2023. Sampling penelitian sebanyak 60 orang. Analisis data dengan ANAVA dua jalur, dilanjutkan independent simple t test. Hasilnya menunjukan bahwa: (1) hasil belajar permainan softball peserta didik yang mengikuti model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari yang mengikuti model pembelajaran langsung (µA1=79,25>µA1=76,42; (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar permainan softball (F=11,374; sig.<0,05), (3) untuk peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, yang mengikuti model problem based learning mempunyai hasil belajar lebih tinggi dari pada yang mengikuti model pembelajaran langsung (µA1B1=84> µA2B1=76,50; sig.<0,05); dan (4) untuk peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah, yang mengikuti model problem based learning mempunyai hasil belajar lebih rendah dari pada yang mengikuti model pembelajaran langsung (µA1B2=74,5>µA2B2=76,33; sig.<0,05). Beberapa implikasi penelitian ini adalah (1) problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran alternatif untuk pembelajaran permainan softball, dan (2) penerapan model pembelajaran problem based learning hendaknya mempertimbangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | I Made Dirgantara |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 05:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18097 |
Actions (login required)
View Item |