Dewi, Ni Nyoman Nadyah Suyadnya (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011027-COVER.pdf Download (720kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011027-ABSTRACT.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (460kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1913011027-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011027-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif dengan pendekatan visual auditory kinesthetic (VAK) dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pengembangan e-modul interaktif menggunakan model PLOMP dari tahapan investasi awal, tahap desain, tahap realisasi/konstruksi, tahap tes, evaluasi dan revisi serta tahap implementasi. Media ini dikembangkan menggunakan Flip PDF Corporate Edition yang dikemas dalam bentuk web. Pada proses pengembangan dilaksanakan uji kevalidan yang menggunakan angket LORI dilanjutkan dengan uji coba terbatas yang terdiri atas uji keefektivan dan uji kepraktisan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Dari uji validasi diperoleh aspek materi terkategorikan "valid" dan aspek media diperoleh rata-rata nilai 4,72 terkategorikan "sangat valid". Dari uji coba terbatas, diperoleh hasil angket respon guru dan peserta didik untuk aspek daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan berturut-turut senilai 1,94 1,95, 1,85, 1,98, dan 1,98 yang terkategorikan "unggul", serta aspek kejelasan senilai 1,86 yang terkategorikan "baik". Uji efektivitas e-modul untuk meningkatkan motivasi memberikan skor N-Gain 0,71 yang terkategorikan "tinggi", sedangkan uji efektivitas e-modul untuk meningkatkan prestasi belajar siswa memberikan skor N-Gain 0,60 yang terkategorikan "sedang".
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul interaktif, pendekatan Visual Auditory Kinesthetic (VAK), sistem persamaan linear dua variabel, model PLOMP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Nadyah Suyadnya Dewi |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 08:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 08:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18109 |
Actions (login required)
View Item |