Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek 100 Meter Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kubutambahan Tahun Ajaran 2023/2024

Ariyanta, Kadek Yudi (2023) Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek 100 Meter Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kubutambahan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011053-COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011053-ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1)
1816011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB 2)
1816011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1816011053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1816011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1816011053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011053-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek melalui penerapan pendekatan bermain pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK (action research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 peserta didik. Urutan kegiatan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrument pengumpulan data menggunakan modul ajar, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 78%, pada siklus II sebesar 94%. Ketuntasan belajar aspek psikomotor pada siklus I yaitu sebesar 72%, pada siklus II sebesar 91%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Kubutambahan. Dengan demikian guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan disarankan lebih melihat kemampuan dan keinginan peserta didik serta guru mampu menerapkan model-model pembelajaran yang lebih variatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan bermain, hasil belajar, lari jarak pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Kadek Yudi Ariyanta
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:49
Last Modified: 26 Oct 2023 06:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item View Item