PERAN MEDIASI MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING PADA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KOMPETENSI TEKNIK MENGAJAR PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA

Puja, Ida Bagus Putu (2023) PERAN MEDIASI MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING PADA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KOMPETENSI TEKNIK MENGAJAR PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2039011019-COVER)
2039011019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2039011019-ABSTRAK)
2039011019-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (2039011019-BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (2039011019-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (2039011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2039011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (2039011019-BAB 5 PENUTUP)
2039011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (2039011019-DAFTAR PUSTAKA)
2039011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text (2039011019-LAMPIRAN)
2039011019-LAMPIRAN.pdf

Download (299kB)

Abstract

Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi bukan hal yang baru di dunia pendidikan Indonesia. Selain penguasaan teknologi di kalangan siswa juga memungkinkan tingginya penggunaan internet, salah satu pemanfaatannya berupa media sosial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Peran Mediasi Motivasi Pembelajaran Daring Pada Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penggunaan Media Sosial Dan Kompetensi Teknik Mengajar Pedagogik Guru Terhadap Kepuasan Belajar Siswa. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis expost facto. Sampel penelitian n sebesar 345 responden, terdapat 28 SMK di kabupaten Gianyar yang terdiri dari 8 SMK negeri dan 20 SMK Swasta sebagai lokasi penelitian. Berdasarkan data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan pendidikan terhadap motivasi belajar daring sebesar 0,367, terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi teknik pengajaran pedagogik guru terhadap motivasi belajar daring sebesar 0,003, terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan belajar sebesar 0,301, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap kepuasan belajar sebesar 0,031. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap motivasi pembelajaran daring, semakin tinggi kualitas pelayanan pendidikan akan berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi pembelajaran daring. (2) Penggunaan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi pembelajaran daring, semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial belum dapat mempengaruhi peningkatan motivasi pembelajaran daring. (3) Kompetensi teknik pengajaran pedagogik guru tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar daring, bahwa peningkatan kompetensi teknik pengajaran pedagogik guru belum dapat mempengaruhi peningkatan motivasi pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Daring, Kualitas Pelayanan, Media Sosial, Pedagogik, Kepuasan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ida Bagus Putu Puja
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:52
Last Modified: 27 Oct 2023 02:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18153

Actions (login required)

View Item View Item