Dewi, Luh Ary Triesna (2023) NINCAPANG KEWAGEDAN NYURAT AKSARA BALI ANTUK MODEL BLENDED LEARNING NGANGGEN APLIKASI PATIK BALI SISIA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 SELAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912051027-COVER.pdf Download (692kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912051027-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912051027-LAMPIRAN.pdf Download (711kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam mengajar siswa dikelas melalui model blended learning dengan menggunakan aplikasi PaTik Bali pada pembelajarn menulis aksara Bali, guru mampu mengikuti tuntutan dengan memanfaatkan teknologi serta menggunakan media inovatif dan kreatif pada kurikulum merdeka, siwa lebih mudah mengerti dan memahami terkait materi menulis Aksara Bali melalui model blended learning dengan menggunakan aplikasi PaTik Bali, dan siswa mampu meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMA Negeri 2 Selat, dan objek dari penelitian adalah pembelajaran menggunakan media aplikasi PaTik Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan model blended learning dengan menggunakan aplikasi PaTik Bali dalam pembelajaran menulis aksara Bali berjalan dengan baik dan diterima oleh siswa, (2) Penerapan model blended learning dengan menggunakan aplikasi PaTik Bali dapat meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa berdasarkan hasil tes yang meningkat dari sebelum menerapkan model blended learning dengan menggunakan aplikasi PaTik Bali diperoleh hasil rata-rata 64,56 meningkat menjadi 80,86, (3) Siswa berpendapat sangat baik atau setuju menerapkan model blended learning dengan menggunakan aplikasi PaTik Bali untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali, hal ini dapat dilihat dari hasil skor kuisioner yaitu 23,17 pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh baik dan signifikan dalam pembelajaran menulis aksara Bali melalui model blended learning dengan menggunakan aplikasi PaTik Bali di kelas VIII E SMP Negeri 2 Selat. Kata kunci: Media, PaTik Bali, Menulis, Aksara Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, PaTik Bali, Menulis, Aksara Bali. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Luh Ary Triesna Dewi |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 20:57 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 20:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18186 |
Actions (login required)
View Item |