Dewi, Luh Putu Tirah Liana (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Socio Scientific Issues Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013073001-COVER.pdf Download (744kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013073001-ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013073001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013073001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2013073001-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013073001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013073001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013073001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013073001-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik, tingkat validitas, kepraktisan, dan keterbacaan perangkat pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) bermuatan Socio Scientific Issues (SSI) pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dibatasi hingga tahap revisi produk. Subjek uji coba adalah 2 ahli pendidikan IPA, 10 guru IPA (1 guru SMP Mutiara Singaraja, 2 guru SMP Negeri 3 Kubutambahan, 6 guru SMP Negeri 3 Singaraja, 1 guru SMPN Satap 2 Banjar), dan 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Objek uji coba adalah penilaian uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan perangkat pembelajaran IPA. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu (1) dilengkapi dengan sintak model pembelajaran PBL; (2) menggunakan isu-isu sosial ilmiah yang ada dalam masyarakat dengan isu-isu kontroversialnya. Tingkat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan tergolong sangat tinggi dengan skor ATP, modul ajar, dan LKPD masing-masing 1,00. Tingkat kepraktisan termasuk dalam kategori sangat praktis dilihat dari skor rata-rata sebesar 4,58. Tingkat keterbacaan termasuk dalam kategori sangat terbaca dengan skor rata-rata keterbacaan untuk guru sebesar 4,5 dan keterbacaan untuk siswa sebesar 4,48. Berdasarkan hasil tersebut perangkat pembelajaran ini valid, praktis, dan terbaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Socio Scientific Issues, Sistem Pencernaan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Tirah Liana Dewi |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:34 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18199 |
Actions (login required)
View Item |