Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Kecil Pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024

Putra, Putu Maruliyana (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Kecil Pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK TI Bali Global Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011015-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011015-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011015-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola kecil pada permainan bulutangkis terhadap peserta didik kelas X akuntansi di SMK TI Bali Global Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X akuntansi di SMK TI Bali Global Singaraja yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi dan tes. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dengan siklus pertama peneliti memberikan teknik dasar overhead lob, smash, dropshot, netting dan siklus kedua teknik dasar overhead lob, smash, dropshot dan netting. Hasil dari penerapan model pembelajaran project based learning yaitu pada siklus I, tingkat ketuntasan keberhasilan belajar peserta didik sebesar 43,05% dari segi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan kategori sangat kurang, selanjutnya pada pelaksanaan siklus II tingkat ketuntasan keberhasilan belajar meningkat menjadi 100% peserta didik memenuhi KKM dengan kategori sangat baik, hal ini berarti telah terjadi peningkatan sebesar 56,95%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola kecil pada peserta didik kelas X akuntansi di SMK TI Bali Global Singaraja tahun pelajaran 2023/2024. Direkomendasikan kepada guru PJOK di SMK TI Bali Global Singaraja menggunakan model pembelajaran inovatif dengan memberikan peserta didik untuk belajar secara mandiri, salah satunya model pembelajaran project based learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar, Bola Kecil, PJOK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Putu Maruliyana Putra
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:33
Last Modified: 27 Oct 2023 02:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18202

Actions (login required)

View Item View Item