Widyaningrum, Sephia Eka (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MUATAN IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 PANJI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021025-COVER.pdf Download (409kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021025-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1911021025-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1911021025-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021025-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-LKPD berbasis contextual teaching and learning, (2) mengetahui validitas E-LKPD berbasis contextual teaching and learning, (3) mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis contextual teaching and learning pada muatan IPAS Kelas IV SD Negeri 4 Panji. Hasil dari penelitian ini adalah (1) E-LKPD berbasis contextual teaching and learning yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaliuasi). (2) Hasil validitas E-LKPD berdasarkan penilaian para ahli, a) hasil uji ahli media memperoleh skor sebesar 93,75% dengan kriteria sangat baik, b) hasil uji ahli desain memperoleh skor sebesar 95% dengan kriteria sangat baik, c) hasil uji ahli isi memperoleh skor sebesar 94,6% dengan kriteria sangat baik, d) hasil uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 96,6% dengan kriteria sangat baik, e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 95% dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil efektivitas E-LKPD memperoleh nilai t hitung sebesar 38,079 dan t tabel sebesar 1,699 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan E-LKPD berbasis contextual teaching and learning pada muatan IPAS siswa kelas IV SD Negeri 4 Panji. Dari nilai rata-rata posttest didapatkan nilai sebesar 84,83 yang berarti diatas KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis contextual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 4 Panji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, E-LKPD, contextual teaching and learning (CTL), ADDIE, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Sephia Eka Widyaningrum |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:05 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 07:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18217 |
Actions (login required)
View Item |