Putra, Gusti Ngurah Dharma (2023) ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE PADA SISTEM INFORMASI PKL UNDIKSHA DENGAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH (CW), SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (PENGUJIAN PADA TAMPILAN MAHASISWA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815091047-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815091047-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1815091047-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (981kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1815091047-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1815091047-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091047-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1815091047-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (780kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815091047-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Riset ini dilatarbelakangi adanya kendala yang dialami user yang mana kendala itu mengacu pada perproblematikaan usability. Sasaran riset ini yakni guna mengetahui impak penaksiran usability testing dan rekomendasi perbaikan pada Sistem Informasi PKL Undiksha berlandaskan impak usability testing. Mengevaluasi atau penaksiran Sistem Informasi PKL Undiksha diimplementasikan dengan mengujikan empat aspek usability dan experiences. Empat aspek usability yang diujikanyakni learnability, effectiveness, efficiency, satisfaction yang ditaksir mengaplikasikan metode cognitive walkthrough, SUS, dan UEQ. Pengumpulan statitistik pada riset ini diimplementasikan dengan skenario tugas dan kuesioner yang disebar pada 20 mahasiswa user Sistem Informasi PKL Undiksha. Penaksiran pada riset ini diimplementasikan sebanyak 2 kali. Yang mana pada penaksiran awal guna menganalisis tingkat usability sebelum diberikan rekomendasi perbaikan. Pada penaksiran akhir atau penaksiran keduayakni diimplementasikan dengan rekomendasi perbaikan berupa prototype dengan mengaplikasikan teori eight golden rule. Impak yang diperoleh pada penaksiran awal pada aspek learnability 84.5%, guna aspek effectiveness 0.08, aspek efficiency 0.156541 goal/seconds, aspek satisfaction 63.5, dan experience menyandang above average (diatas rata-rata) pada skala attractiveness, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty, namun skala perspicuity menyandang taksiran below average (dibawah rata-rata). Namun impak penaksiran akhir seusai menyandang rekomendasi perbaikan menyandang aspek leanability 96.36%, aspek effectiveness 0.014, aspek efficiency 0.04517 goal/seconds, aspek satisfaction 89.375, dan experience menyandang impak excellent (bagus sekali) guna semua skala yang ada pada UEQ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi PKL Undiksha, Usability Testing, Experience, Cognitive Walkthrough |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Gusti Ngurah Dharma Putra |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:07 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18228 |
Actions (login required)
View Item |