Monemnasi, Yuventus (2023) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V (STUDI KASUS SD NO. 2 DARMASABA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051067-COVER.pdf Download (689kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051067-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1915051067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051067-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1915051067-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051067-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051067-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran IPS kelas V (Studi Kasus SD No.2 Darmasaba). Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji coba lapangan, uji respon peserta didik dan guru. Hasil perhitungan validasi ahli isi serta ahli media dan desain menunjukkan bahwa tingkat validasi sebesar 1,00 yaitu masuk tingkat validitas “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil persentase yang didapatkan dari uji coba perorangan sebesar 94% yang termasuk kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil termasuk dalam kualifikasi “Sangat Baik” dan uji coba lapangan termasuk dalam kualifikasi “Sangat Baik”. Sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh sebesar 71.2 dan 48 yaitu masuk kriteria sangat praktis. Maka dari itu penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran IPS menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, IPS, Discovery Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Yuventus Monemnasi |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 06:47 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18245 |
Actions (login required)
View Item |