PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V (STUDI KASUS SD NO. 2 DARMASABA)

Monemnasi, Yuventus (2023) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V (STUDI KASUS SD NO. 2 DARMASABA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051067-COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051067-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1915051067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051067-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1915051067-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051067-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915051067-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran IPS kelas V (Studi Kasus SD No.2 Darmasaba). Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji coba lapangan, uji respon peserta didik dan guru. Hasil perhitungan validasi ahli isi serta ahli media dan desain menunjukkan bahwa tingkat validasi sebesar 1,00 yaitu masuk tingkat validitas “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil persentase yang didapatkan dari uji coba perorangan sebesar 94% yang termasuk kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil termasuk dalam kualifikasi “Sangat Baik” dan uji coba lapangan termasuk dalam kualifikasi “Sangat Baik”. Sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh sebesar 71.2 dan 48 yaitu masuk kriteria sangat praktis. Maka dari itu penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran IPS menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, IPS, Discovery Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Yuventus Monemnasi
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:47
Last Modified: 30 Oct 2023 06:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18245

Actions (login required)

View Item View Item