Yasa, I Nyoman Jefri Winanta (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 BATUNYA KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031293-COVER.pdf Download (732kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1011031293-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1011031293-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (581kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1011031293-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031293-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031293-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1011031293-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1011031293-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031293-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Batunya Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Batunya yang berjumlah 19 orang. Objek penelitian hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri 1 Batunya Tahun Ajaran 2022/2023. Peningkatan rata-rata persentase (M%) pada siklus I prestasi belajar siswa yang diperoleh adalah 66,42%, bila dikonversikan pada pedoman PAP skala 5 maka berada pada interval 65-74 dengan mencapai tingkat hasil belajar pada kriteria sedang. Pada siklus II rata-rata persentase (M%) hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 79,6%, bila dikonversikan pada pedoman PAP skala 5 maka berada pada interval 75-84 dengan mencapai tingkat hasil belajar pada kriteria tinggi, sehingga hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,18%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri 1 Batunya Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, lingkungan, mata pelajaran IPAS, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Jefri Winanta Yasa |
Date Deposited: | 26 Nov 2023 23:10 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 23:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18260 |
Actions (login required)
View Item |