FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK

Wahyuni, Ni Made Sri (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011002-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (501kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011002-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa SMK dan 2) mengetahui dominasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa SMK. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI di SMK Negeri Se-Kota Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel sebanyak 271 siswa yang diambil dengan teknik proportional sampling. Data dalam penelitian ini adalah data minat belajar, kemampuan literasi matematis, persepsi terhadap matematika, persepsi terhadap guru, fasilitas belajar, sumber informasi dan pengaruh teman sejawat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar, persepsi terhadap matematika, persepsi terhadap guru, fasilitas belajar, sumber informasi dan pengaruh teman sejawat adalah kuisioner, sedangkan untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa digunakan soal cerita matematika. Data dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa SMK adalah komponen penerapan matematika, komponen motivasi belajar dan komponen perhatian siswa. Selanjutnya ditemukan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi minat belajar matematika siswa SMK adalah persepsi terhadap guru yang termasuk kedalam komponen atau faktor motivasi belajar, kemudian diikuti oleh pengaruh teman sejawat, sumber informasi, persepsi terhadap matematika, fasilitas belajar dan kemampuan literasi matematis. Kata Kunci : Minat Belajar Matematika, Analisis Faktor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minat Belajar Matematika, Analisis Faktor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Made Sri Wahyuni
Date Deposited: 17 Jul 2020 02:05
Last Modified: 17 Jul 2020 02:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item