Rozi, Muhammad Fathur (2020) Literasi Siswa SMP Negeri 5 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011003-COVER.pdf Download (520kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011003-ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi siswa SMP Negeri 5 Singaraja. Adapun cakupannya meliputi: (1) keterbacaan materi literasi siswa kelas VII D dalam kegiatan literasi SMP Negeri 5 Singaraja, (2) pelaksanaan kegiatan literasi siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Singaraja, (3) pemanfaatan literasi siswa kelas VII D dalam mendukung pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa khususnya kelas VII D, dan objek penelitian ini adalah literasi siswa SMP Negeri 5 Singaraja. Data yang ada dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini mendeskripsikan: (1) keterbacaan materi literasi siswa dalam kegiatan literasi SMP Negeri 5 Singaraja. Hal tersebut mencakup isi dan bahasa dalam buku bacaan siswa. Adapun keterbacaan materi literasi siswa SMP Negeri 5 Singaraja sudah sesuai dengan katakterisitik bacaan siswa SMP, akan tetapi ada beberapa kosakata yang rumit dalam buku literasi siswa, (2) pelaksanaan kegiatan literasi siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Singaraja. Adapun pelaksanaan literasi siswa di sekolah cukup lancar yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis khususnya. Di sisi lain, peneliti mengorelasikannya dengan teori The Big Six, dan (3) pemanfaatan literasi siswa kelas VII D dalam mendukung pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Buku bacaan yang digemari siswa adalah buku kesususastraan. Dalam hal ini, siswa sudah memanfaatkan literasi dengan pembelajaran di kelas, khususnya materi bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia SMPN 5 Singaraja |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Muhammad Fathur Rozi |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 05:12 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 05:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1846 |
Actions (login required)
View Item |