Marettini, Ni Luh (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGfU) DAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1829121003-COVER)
1829121003-Cover.pdf Download (753kB) |
|
Text (1829121003-ABSTRAK)
1829121003-Abstrak.pdf Download (36kB) |
|
Text (1829121003-BAB 1 PENDAHULUAN)
1829121003-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (173kB) |
|
Text (1829121003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829121003-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (1829121003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829121003-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (1829121003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829121003-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (1829121003-BAB 5 PENUTUP)
1829121003-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text (1829121003-DAFTAR PUSTAKA)
1829121003-Daftar Pustaka.pdf Download (259kB) |
|
Text (1829121003-LAMPIRAN)
1829121003-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran TGfU terhadap hasil belajar lompat jauh peserta didik kelas V SDN 3 Banjar Jawa, (2) pengaruh model pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar lompat jauh peserta didik kelas V SDN 3 Banjar Jawa, (3) perbedaan hasil belajar lompat jauh antara kelompok peserta didik yang mengikuti model pembelajaran TGfU dan kelompok peserta didik yang mengikuti metode demonstrasi di SDN 3 Banjar Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan randomazed control group pretest-posttest design, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang peserta didik SDN 3 Banjar Jawa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, dan selanjutnya dibagi menjadi 2 (dua) kelompok (model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) dan metode demonstrasi, hasil belajar dibandingkan nilai pretest dan post-test, dan selanjutnya dilakukan uji-t (two sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan untuk hipotesis pertama dilakukan dengan uji-t (paired samples test) diperoleh nilai sebesar tkognitif = 13,706; tpsikomotor = 15,254 ; p<0,05. Hipotesis kedua dengan uji-t (paired samples test) diperoleh nilai tkognitif = 11,417; tpsikomotor = 10,018; p<0,05. Hipoteis yang ketiga dengan uji-t (two sample t-Test) diperoleh tkognitif = 4,853; tpsikomotor = 3,297; p<0,05, dengan rata-rata kognitif dan psikomotor pembelajaran TGfU dan metode demonstrasi masing-masing sebesar kog TGfU = 85,83, kog Demontrasi =81,33 dan psi TGfU = 87,20, psi demontrasi = 80,50. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGfU terhadap hasil belajar lompat jauh peserta didik kelas V SDN 3 Banjar Jawa, (2) pengaruh yang signifikan model pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar lompat jauh peserta didik kelas V SDN 3 Banjar Jawa, dan (3) hasil belajar lompat jauh antara kelompok peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran TGfU lebih baik dari kelompok peserta didik yang belajar dengan metode demonstrasi di SDN 3 Banjar Jawa. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh maka dapat disarankan bahwa guru dapat menggunakan model pembelajaran TGfU dengan model lain untuk membentuk proses belajar mengajar yang lebih baik, menggunakan model pembelajaran TGfU pada materi yang lain, kepada peneliti lain yang meneliti hasil belajar agar memperhatikan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Marettini |
Date Deposited: | 11 Feb 2024 22:53 |
Last Modified: | 11 Feb 2024 22:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18474 |
Actions (login required)
View Item |