Pengaruh Model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Media Komputer Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas V Di SD Jembatan Budaya Badung

Dewi, Ni Kadek Yuliana Sintya (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Media Komputer Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas V Di SD Jembatan Budaya Badung. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229031004-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229031004-ABSTRAK.pdf

Download (779kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENETUP)
2229031004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229031004-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar TIK siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutorial berbantuan media komputer terhadap hasil belajar TIK. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5, dengan sampel 2 kelas yaitu 5C sebagai kelas eksperimen dan 5E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada pretest diperoleh t-hitung (1,77) < t-tabel (2,00) artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberikan perlakuan, (2) pada postest diperoleh t-hitung (6,68) > t-tabel (2,00) artinya terdapat perbedaan hasil belajar TIK setelah diberikan perlakuan, (3) berdasarkan hasil N gain score dan uji-t diperoleh t-hitung (6,573) >t-tabel (2,015) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran tutorial berbantuan media komputer terhadap hasil belajar TIK siswa kelas V di SD Jembatan Budaya Badung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar TIK, Model Pembelajaran Tutorial, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Kadek Yuliana Sintya Dewi
Date Deposited: 11 Feb 2024 07:12
Last Modified: 11 Feb 2024 07:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18506

Actions (login required)

View Item View Item