PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 12 SESETAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Putra, Gusti Nyoman Yudhistira Raditya (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 12 SESETAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031136-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031136-ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031136-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (475kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031136-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031136-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031136-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031136-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031136-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031136-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun video pembelajaran animasi berbasis Profil Pelajar Pancasila materi Pancasila sebagai nilai kehidupan, (2) untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran animasi berbasis Profil Pelajar Pancasila materi Pancasila sebagai nilai kehiddupan ditinjau dari isi, desain, media, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji coba lapangan di SD Negeri 12 Sesetan, (3) untuk mengetahui efektivitas video pembelajaran animasi berbasis Profil Pelajar Pancasila materi Pancasila sebagai nilai kehidupan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun video pembelajaran animasi berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 93,18% yang dikategorikan sangat layak, (2) video pembelajaran animasi ini dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 96,66% yang dikategorikan sangat layak, penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 95% yang dikategorikan sangat layak, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dikategorikan sangat layak, uji coba perorangan sebesar 93,05% yang dikategorikan sangat layak, dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,82% yang dikategorikan sangat layak , (3) berdasarkan uji t sample dependent diperoleh nilai thitung = 11,025 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1 – 1 = 27 – 1 = 26 diperoleh nilai ttabel = 1,706. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran animasi berbasis Profil Pelajar Pancasila efektif diterapkan pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan muatan Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri 12 Sesetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, video pembelajaran, animasi, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: GUSTI NYOMAN YUDHISTIRA RADITYA PUTRA
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:09
Last Modified: 13 Feb 2024 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item View Item